Website Kuliah: Studi Islam; Pendidikan Islam; Pendidikan Agama Islam; IAIN Palangka Raya

Selasa, 11 Juni 2024

Tingkatan Wara'

Website Kuliah : Studi Islam; Pendidikan Islam; Pendidikan Agama Islam; IAIN Palangka Raya

Sifat Wara' (kehati-hatian)
Al-Imam Ghazali menyebutkan WARA' ada 4 tingkatan:

1. Wara' Adil/ paling rendah(Wara' Wajib): Meninggalkan apa-apa yang telah diharamkan menurut fatwa fuqaha, seperti: meninggalkan mengerjakan riba dan muamalah yang fasid/rusak.
2. Wara' Shalihin(Sunnah) : yaitu meninggalkan sesuatu yang ada kemungkinan haram(tidak pasti, yang meragukan kehalalannya) Seperti: tidak bekerjasama dengan orang yang sebagian kecil hartanya itu ada yang haram, karena kuatir yang diserahkannya itu bagian harta yang tidak halal.
3. Wara' Muttaqin(Wara yang fadhilah, keutamaan) : Meninggalkan sesuatu yang jelas-jelas halal, karena khawatir kalau itu membawa kepada yang keharaman, (tidak apa2, tetapi khawatir ada apa2) Misal memakai pakaian yang bagus, tidak mau karena takut nanti membawa kesombongan 
4. Wara' Siddiqin(wara Afdhal, paling utama) : Meninggalkan sesuatu yang bebas dari resiko, nyata-nyata halal, tidak membawa kepada yang haram. Tapi mendapatkannya itu, dengan jalan tidak ada niat taqwa kepada Allah Swt.
 
والله أعلم
Share:
Copyright © Web Kuliah Abdullah | Powered by Blogger | Design by ronangelo Theme Editor: Abdullah Jejangkit | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com