Website Kuliah: Studi Islam; Pendidikan Islam; Pendidikan Agama Islam; IAIN Palangka Raya

Kamis, 25 Juni 2020

TAUFIK ALLAH ??? Apa maksudnya???

Website Kuliah : Studi Islam; Pendidikan Islam; Pendidikan Agama Islam; IAIN Palangka Raya

Makna diberi Taufik oleh Allah Swt

التوفيق: خلق قدرة الطاعة في العبد
"Taufik adalah Allah menciptakan kemampuan berbuat taat di dalam diri seseorang hamba/manusia"

Contoh : Seseorang hanya sekedar tahu bahwa "Shalat malam/tahajjud atau sedekah itu adalah perkara baik dan sangat besar keutamaannya", namun dia belum bisa melaksanakan ibadah tersebut(Shalat malam atau Sadaqah). Ini berarti dia belum diberi TAUFIK oleh Allah Swt, walaupun dia sudah diberi HIDAYAH, namun belum bisa mengamalkannya.

Pertanda diberi taufik oleh Allah Swt adalah kemudahan dalam beribadah. 

Mengetahui makna "taufik" ini adalah dapat diterapkan seperti ketika seseorang selesai dalam suatu ibadah, dia diharuskan mengingat taufik(kemampuan berbuat taat/pertolongan/Anugerah/pemberian) berasal dari Allah Swt, janganlah sekali-kali dilupakan karena mengingat anugrah Allah Swt  ini adalah wajib(fardhu ain) yang harus ada di dalam hati ketika datang Ujub dan Sunnah dalam tiap waktu. Jika yang muncul adalah kita sendiri yang mampu beribadah, maka ini termasuk dari UJUB (membanggakan diri).

Ujub adalah orang yang tidak ingat sama sekali(lupa) pertolongan Allah Swt, merasa dirinya yang mampu/kuat dalam melakukan suatu Ibadah. Merasa diri: pintar, kuat, tampan/cantik, kaya, punya keistemewaan pada dirinya tanpa menyandarkan kepada pertolongan/pemberian/Anugerah/sebab taufik dari Allah Swt.

Ujub akan menggugurkan ganjaran ibadah, mengurangi pahala bahkan tidak diberi ganjaran sama sekali.

Jika seseorang tidak lagi diberikan oleh Allah Swt Taufik-Nya, maka dia bakal mengalami kerusakan, walaupun ia mempunyai pengetahuan yang banyak dan wawasan luas, karena dia bakal terhalang dari Taufik-Nya (kemampuan dalam berbuat Ta'at).
 
Semoga kita selalu diberi Taufik dan Hidayah dari Allah Swt. Amiin ya Rabbal'aalamin...

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © Web Kuliah Abdullah | Powered by Blogger | Design by ronangelo Theme Editor: Abdullah Jejangkit | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com