Website Kuliah: Studi Islam; Pendidikan Islam; Pendidikan Agama Islam; IAIN Palangka Raya

Rabu, 15 Juli 2020

PUTUS ASA DARI RAHMAT ALLAH

Website Kuliah : Studi Islam; Pendidikan Islam; Pendidikan Agama Islam; IAIN Palangka Raya

PUTUS ASA DARI RAHMAT ALLAH

Contoh perkataan orang yang putus asa dari rahmat Allah Swt.:

-"Aku banyak ba isi dosa, mun ba ibadah kada diterima jua!"

-"Aku kulir manuntut ilmu, kena pacang kada kawa mamakai(mengamalkan)  jua !" 
(padahal sebenarnya dia tidak tahu taqdir/ketetapan tuhan terkait dia nantinya bs mengamalkan atau tidak)

-Ba apa turun pengajian, kada kawa mamakai jua!!

Janganlah merasa tidak ada harapan lagi untuk bisa diampuni Allah, Rasa kebanyakan berbuat salah dan dosa, rasa tidak ada lagi hati untuk bisa dibukakan kebaikan/menjadi orang baik. Karena punya pengalaman jahat, seperti pernah mencuri, merampok, berzina, minum arak, mengkonsumsi narkoba bahkan orang kafir atau menyembah berhala, karena Allah mengampuni dosa seluruhnya.

Orang non muslim/kafir/penyembah berhala, jika mengucap dua kalimat syahadat(masuk Islam), maka dia menjadi orang yang bersih, orang yang baru laksana orang yang dilahirkan kembali.

إن الإسلام يجب ما قبله
"Sesungguhnya Islam memutuskan apa-apa yang sebelumnya"

Dan dinyatakan juga oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam ketika 'Amr bin Al 'Ash ingin masuk Islam dengan syarat Allah mengampuni dosa-dosanya, maka Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

« أَمَا عَلِمْتَ أَنَّ الإِسْلاَمَ يَهْدِمُ مَا كَانَ قَبْلَهُ وَأَنَّ الْهِجْرَةَ تَهْدِمُ مَا كَانَ قَبْلَهَا وَأَنَّ الْحَجَّ يَهْدِمُ مَا كَانَ قَبْلَهُ ».

artinya: "Apakah kamu tidak mengetahui, bahwa Islam menghapuskan apa yang terjadi sebelumnya (berupa dosa) dan berhijrah menghancurkan apa yang terjadi sebelumnya dan haji menghancurkan apa yang terjadi sebelumnya." (HR. Muslim.)

Firman Allah Swt dalam Al-Quran Surat Az-Zumar Ayat 53:

۞ قُلْ يَٰعِبَادِىَ ٱلَّذِينَ أَسْرَفُوا۟ عَلَىٰٓ أَنفُسِهِمْ لَا تَقْنَطُوا۟ مِن رَّحْمَةِ ٱللَّهِ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ يَغْفِرُ ٱلذُّنُوبَ جَمِيعًا ۚ إِنَّهُۥ هُوَ ٱلْغَفُورُ ٱلرَّحِيمُ

Artinya: Katakanlah: "Hai hamba-hamba-Ku yang malampaui batas(banyak berbuat dosa) terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.


والله أعلم
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © Web Kuliah Abdullah | Powered by Blogger | Design by ronangelo Theme Editor: Abdullah Jejangkit | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com