Website Kuliah: Studi Islam; Pendidikan Islam; Pendidikan Agama Islam; IAIN Palangka Raya

Sabtu, 11 Juli 2020

KENAPA MENGHADIRI UNDANGAN MENJADI TIDAK WAJIB?

Website Kuliah : Studi Islam; Pendidikan Islam; Pendidikan Agama Islam; IAIN Palangka Raya

Perbuatan Mungkar di Tempat Undangan: Walimahan, dll.

Tidak boleh menghadiri undangan, seperti walimahan, dsb, jika di tempat tersebut terdapat kemaksiatan/kemungkaran, seperti  ada karoke dgn  artis menyanyi dgn membuka aurat, makanannya haram/dari uang yg haram, ada yang meminun arak,dll. dikecualikan bagi yang mampu merubah kemungkaran pd tempat tersebut, jika tidak maka dia berdosa.

-Padahal penganten/mempelai perlu sekali rahmat keberkahan dari Allah Swt.  agar rumah tangganya bahagia punya keturunan yang shaleh dan shalehah. Akibat pelaksanaan walimah dicampur dengan perkara yang maksiat/mungkar, sehingga akan mengurangi keberkahan dari-Nya, karena rahmat dan keberkahan Allah Swt. tidak akan turun di tempat ma'siat.

-Padahal menghadiri undangan/walimahan hukumnya wajib (dgn syarat yang cukup)

-Menurut Imam Zarkasyi:"Undangan Zaman sekarang sudah hilang kewajiban menghadirinya, statusnya cuma boleh, makruh, atau haram".

-Jika di suatu kampung/daerah/RT setuju terhadap hiburan walimahan  yang mengandung kemungkaran(seperti karoke dgn artis membuka Aurat), dan tidak ada yang menegurnya, maka berdosa sekampungan/se RT an.

Lih Sumber: Al-Ghazali, Ihya Ulumiddin, Kitab Amar Ma'ruf Nahi Mungkar.

Semoga bermanfaat...
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © Web Kuliah Abdullah | Powered by Blogger | Design by ronangelo Theme Editor: Abdullah Jejangkit | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com