Website Kuliah: Studi Islam; Pendidikan Islam; Pendidikan Agama Islam; IAIN Palangka Raya

Sabtu, 11 Juli 2020

BERSERAH DIRI PADA ALLAH SWT YANG MAHA BIJAKSANA(تفويض)

Website Kuliah : Studi Islam; Pendidikan Islam; Pendidikan Agama Islam; IAIN Palangka Raya

BERSERAH DIRI PADA ALLAH (تفويض)

Tafwid adalah menyerahkan urusan sepenuhnya kepada Allah Swt.

Contoh tafwid:  Seseorang minta pilihkan pada Allah, mana yang terbaik untuknya, karena dia(kita) tidak mengetahui apa yang terbaik untuknya, seperti apakah dia punya harta yang banyak(menjadi kaya)/sederhana/miskin, jadi pejabat/bawahan, tinggal dirumah tertentu/rumah yang lain, lulus/tidak lulus, dll. Karena Yang maha mengetahui hanyalah Allah, pilihan-Nya pasti tidak salah.

Memilih sesuatu menjadi tugas orang yang mengetahui seluk beluknya, atau orang ahli dibidangnya, seperti kita berserah diri pada Dokter terkait pengobatan untuknya. Janganlah keliru/salah, minta pilihkan warna atau pakaian kepada orang yang buta.

Berserah dirilah engkau kepada Allah Swt, setiap hari, dimana dan kapan pun, seperti kalimat berikut:

"Ya Allah urusanku, urusan anak biniku, dan semua urusanku. Kuserahkan pada engkau. Aku yakin, engkau maha bijaksana, maha mengetahui, melindungi, dan engkau tentu tidak akan menyia-nyiakan kami sekeluarga"

Misalnya dihari itu ia apakah diberikan Nikmat atau musibah/hal-hal yang tidak menyenangkannya.  Ia akan meyakini baik dan percaya bahwa tuhan sudah memberikan yang terbaik untuknya, walaupun tidak sesuai dengan kehendak/seleranya...

Firman Allah Swt. dalam Surat Al-Qashash, ayat 68-70:

وَرَبُّكَ يَخْلُقُ مَا يَشَاءُ وَيَخْتَارُ مَا كَانَ لَهُمُ الْخِيَرَةُ سُبْحَانَ اللَّهِ وَتَعَالَى عَمَّا يُشْرِكُونَ (68) وَرَبُّكَ يَعْلَمُ مَا تُكِنُّ صُدُورُهُمْ وَمَا يُعْلِنُونَ (69) وَهُوَ اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلا هُوَ لَهُ الْحَمْدُ فِي الأولَى وَالآخِرَةِ وَلَهُ الْحُكْمُ وَإِلَيْهِ تُرْجَعُونَ (70)

"Dan Tuhanmu menciptakan apa yang Dia kehendaki dan memilihnya. Sekali-kali tidak ada pilihan bagi mereka. Mahasuci Allah dan Mahatinggi dari apa yang mereka persekutukan (dengan Dia). Dan Tuhanmu mengetahui apa yang disembunyikan (dalam) dada mereka dan apa yang mereka nyatakan. Dan Dialah Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia, bagi-Nyalah segala puji di dunia dan di akhirat, dan bagi-Nyalah segala penentuan dan hanya kepada-Nyalah kamu dikembalikan."

والله أعلم 
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © Web Kuliah Abdullah | Powered by Blogger | Design by ronangelo Theme Editor: Abdullah Jejangkit | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com