Website Kuliah: Studi Islam; Pendidikan Islam; Pendidikan Agama Islam; IAIN Palangka Raya

Sabtu, 11 Juli 2020

RAHASIA 40 HARI DALAM MEMBENTUK KARAKTER MULIA ???

Website Kuliah : Studi Islam; Pendidikan Islam; Pendidikan Agama Islam; IAIN Palangka Raya

Pembiasaan Taat (sesuai fitrah kesucian diri) 40 hingga 120 hari

"Seseorang yang bisa Istiqamah Shalat malam(tahajjud) adalah Tamu Istimewa yang dipilih Allah" 

Tidak akan bisa istiqamah/rutin beribadah, kecuali ditolong Allah Swt.  Insya Allah ia  akan bisa dengan pertolongan-Nya, seperti dengan melakukan hal berikut.

 1. Taubat

-Tidak akan bisa rutin shalat tengah malam kecuali dia bersih dari dosa, sedikit saja  ada dosa, maka ia tidak bisa melaksanakan shalat malam, apalagi telah banyak melakukan dosa..., maka lakukanlah taubat dari segala Dosa. Karena dosa akan mengikat seseorang untuk ringan berbuat Ibadah. Dengan bertaubat seseorang diberikan kemudahan untuk beribadah.

Diingat-ingat kalau seandainya ada dosa yang masih belum taubat, sehingga masih ada dosa yang belum diampuni Allah SWT.

Setelah Taubat Beres, kemudian melatih diri(رياضة النفس):

2. Mujahadah pembiasaan Ta'at 40 hari hingga 120 Hari, terus dirutinkan

-Yakni Pembiasaan Ibadah(misalkan shalat malam) berdasarkan tahapan kejadian Manusia sempurna. Menurut ulama berdasarkan kejadian manusia, 40 hari berupa Air mani, 40 hari (segumpal darah), 40 hari berikutnya (daging), dan 40 hari berikutnya ditiupkan roh.

Caranya yaitu:

-Merutinkan, tidak boleh putus selama 40 hari/malam. Jikalau manusia baik-baik (sedikit dosa, dengan taubat yang mudah beres), cukup 40 hari saja pembiasaan dengan berat (dengan memaksa nafsu agar mau beribadah). Malam yang ke- 41 dan seterusnya akan mudah, dan akhirnya menikmati/ibadahnya(tidak terpaksa/menjadi karakter diri). 

-Jika tidak mempan 40 hari masih berat(karena banyak kekotoran dosa) tambah lagi 40 hari dan biasakan jangan putus hingga 80 hari, InsyaAllah hari ke-81 dan seterusnya akan dimudahkan Allah Swt.

- Jika belum mempan 80 kali (karena sangat luar biasa kotor/sangat banyak dosa pada dirinya) tambah lagi 40 hari, hingga 120 hari, maka hari ke-121 dan seterusnya ini dapat dipastikan InsyaAllah "dirinya memperoleh nikmat dalam beribadah" akan menjadi nyaman, menjadi kebiasaan dan akhirnya mendarah daging.
والله أعلم وبالله التوفيق

Share:

2 komentar:

  1. MasyaAllah... Alhamdulillah...ternyata dosa yang membuat manusia berat dalam menjalankannya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga kita diberikan taubat nasuha,diberikan taufik kemudahan dalam berbuat ta'at dan petunjuk dari Allah menuju jalan yang lurus... Amiin ya Rabbal'aalamiin...

      Hapus

Copyright © Web Kuliah Abdullah | Powered by Blogger | Design by ronangelo Theme Editor: Abdullah Jejangkit | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com