Website Kuliah: Studi Islam; Pendidikan Islam; Pendidikan Agama Islam; IAIN Palangka Raya

Jumat, 29 Januari 2021

KH. Muhammad Muhsin (Ulama Kota Palangka Raya)

Website Kuliah : Studi Islam; Pendidikan Islam; Pendidikan Agama Islam; IAIN Palangka Raya

KH. Muhammad Muhsin (Ulama Kota Palangka Raya)


KH. Muhammad Muhsin dilahirkan di Taniran Kandangan pada tanggal 9 september 1967. Beliau berasal dari keluarga yang latar belakangnya adalah alim ulama. Ayah beliau bernama KH. Jamaluddin.
KH. Muhammad Muhsin dibesarkan di lingkungan pendidikan agama dan  sangat kuat dan patuh dalam menjalankan syariat Allah SWT.
KH. Muhammad Muhsin dalam perjalanan beliau menuntut ilmu agama dimulai  sejak kecil berada pada asuhan orang tua sendiri. Sehingga orang tua beliau yang pertama kali mengajarkan agama kepada KH.Muhammad Muhsin secara langsung. 
Dalam menuntut ilmu beliau berguru pada KH. Zaini bin Abdul Ghani(Guru Sekumpul) dan beliau juga melanjutkan sekolahnya di pondok pesantren terkenal di Kalimantan Selatan yaitu  Pondok Pesantren Darussalam Martapura Kabupaten Banjar. Guru Muhsin berhijarah di Kota Palangka Raya Kalimantan Tengah sejak tahun 1994.
Awal mulanya beliau berhijrah di Kota Palangka Raya yaitu, sebagai Ta'mir/kaum Masjid Sabilal Muhtadin selama lima tahun dan KH. Muhammad Muhsin juga orang pertama yang menjadi kaum Masjid Sabilal muhtadin. Disitu juga KH. Muhammad Muhsin ikut membantu memeriahkan masjid dengan cara membawa anak-anak dan remaja disekitar Masjid untuk sama-sama belajar seni habsy, dan juga mengajarkan Al-Qur’an kepada anak-anak atau remaja Masjid Sabilal Muhtadin. 
KH. Muhammad Muhsin mulai dakwahnya di Kota Palangka Raya sejak tahun 1995, sejak itu masyarakat disekitar Kota Palangka Raya mulai  mengundang beliau untuk mengisi acara-acara keagamaan seperti acara Maulid Nabi, Isra’ mi'raz, Nuzulul Qur’an dan acara-acara keagamaan lainnya. Dengan berjalannya waktu beliau mendapatkan banyak usulan dari masyarakat Kota Palangka Raya lebih-lebih masyarakat di sekitar Masjid Sabilal Muhtadin untuk membangun sebuah majelis ilmu yaitu majelis taklim, nama majelis taklim yang ditetapkan adalah Majelis Ta'lim Ar-Raudhah, usulan tersebut bisa direalisasikan pada tahun 2005 namun kendalanya adalah terkait dengan dana sehingga majelis taklim Ar-Raudah yang dirintis belum bisa berjalan dengan baik, sehingga di tahun 2006 Majelis Taklim Ar-Raudhah tersebut bisa berjalan dengan baik. Beliau wafat , 18 Januari 2021, 5 Jumadil Akhir 1442 H. Pukul 14.40 WIB dan dimakamkan di Kubah Taniran Kandangan Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Tengah.
                                 
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © Web Kuliah Abdullah | Powered by Blogger | Design by ronangelo Theme Editor: Abdullah Jejangkit | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com